love mathematic

Belajar Matematika Diskrit (Himpunan)

 

 

 
Halooo..
 
Masih ingatkah kawan-kawan pada saat kita SMP ato SMA pernah mempelajari materi matematika yang namanya Himpunan (Set)? Hayo inget-inget lagi yah.. apa itu himpunan?? 😉
 
Oke, pada posting kali ini diriku mau berbagi pengalaman tentang materi “Matematika Diskrit” yaitu Himpunan, sebenarnya himpunan itu ada berapa jenis sih? dan apa aja sih Operasi-operasinya? ^^   ehehe  tenang kawan jangan langsung kabur en close tab karena keliatannya pusing! karena sebenarnya matematika diskrit ini tidak sesulit seperti yang anda bayangkan, asal kita mau berusaha baca buku/referensi lainnnya dan berlatih soal latihan secara kontinu, pasti kalian bisa dan paham bener!! masa sih???  ia tergantung orangnya juga sih, kalo males ya susah .. kalo pengen bener-bener bisa dalam istilah bahasa sunda mah  “Allahuma paksakeun” atau di paksakan membaca,memahami dan berlatih hingga terbiasa pasti kita akan mendapat hasil yang baik pada akhirnya. Oke langsung ke pembahasan materi  ja deh –>
 
 
1. Apa itu Himpunan (Set)?
 
Definisi : Himpunan adalah sekumpulan objek diskrit yang memiliki sifat tertentu dan memiliki objek yang berbeda. Objek ini selanjutnya dinamakan yaitu anggota atau elemen dari himpunan tersebut.
 
Notasi 
  • Himpunan biasanya dinyatakan dengan huruf besar A,B,C,H,K dan sebagainya. Untuk  menyatakan suatu himpunan digunakan simbol “{}”, sementara itu untuk melambangkan anggota himpunan biasanya menggunakan huruf kecil a,b,c,x,y dan sebagainya. 
  • Untuk menyatakan anggota suatu himpunan digunakan lambang ” di baca anggota sedangkan untuk menyatakan bukan anggota suatu himpunan digunakan lambang  “ ” di baca bukan anggota.
Teknik Penyajian
  1. Enumerasi : artinya menuliskan semua elemen himpunan yang bersangkutan di antara dua buah tanda kurung kurawal . Biasanya  suatu himpunan di beri nama dengan menggunakan huruf kapital maupun dengan simbol-simbol lainnya. 
  2. Notasi pembentuk himpunan  ,  Notasi: {x| syarat yang harus dipenuhi oleh x}
  3. Diagram Venn
  • Contoh Enumerasi
         A = {a,b{a,b,c},{a,c}}
 
  • Contoh Notasi Pembentuk Himpunan
          Jika B himpunan bilangan bulat positif yang kurang dari 8 dinyatakan kedalam bentuk notasi : 
          B = {x | x p, x < 8}
          B = {1,2,3,4,5,6,7}
  • Contoh Diagram Venn
          Diket  U = {1,2,3,4} 
          a = {1,3,4}
          b= {1,2,3}
          ab =  (a ber irisan dengan b, merupakan a b dan b a) 

2.Ada berapakah jenis-jenis himpunan ?

Jenis Himpunan lumayan banyak juga kawan, jadi kita harus benar-benar memahami setiap jenisnya dan perbedaanya, supaya dalam mengerjakan soal tidak keliru menggunakan cara dan rumusnya 🙂


1. Himpunan Kosong
 
Definisi :  Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak memiliki satupun elemen atau himpunan dengan kardinalitas = 0 (nol) atau {}.
Soal. a) Buktikan apakah semua nama hari yang berawal dengan angka numerik itu himpunan kosong?
 
Penyelesaian: 
a) Diketahui A = {1,2,3,4,5,6,7}  ≠   H = {Senin, selasa, rabu , kamis, jumat, sabtu, minggu},
maka semua nama hari yang dimulai dengan angka numerik adalah = 0 , jadi  A ≠ atau A bukan himpunan kosong, karena himpunan kosong itu jika A = 0 atau {}.

2. Himpunan Bagian

Definisi : Himpunan A dikatakan himpunan bagian (subset) dari himpunan B jika dan hanya jika setiap elemen A merupakan elemen dari B. Dalam hal ini, B dikatakan superset dari A.

Soal. a) Buktikan apakah  A = {1,2,3,4} adalah himpunan bagian dari,  B = {1,2,3,4,5,6,7} ?

Soal. b) Diketahui C = {1,3,5} adalah sub himpunan sejati dari D = {5,4,3,2,1} buktikan apakah termasuk himpunan bagian? lihat soal baik^2!

Soal. c) Diketahui G = {1,3,5} dan F = {5,4,3,2,1}, Apakah G F ,  benar atau salah buktikan?

Penyelesaian:

a) Untuk menunjukan bahwa A adalah himpunan bagian dari B, bahwa setiap elemen di dalam A juga elemen di dalam B, maka A B = {1,2,3,4} adalah benar.
Kenapa {5,6,7} tidak di termasuk? karena elemen 5,6,7 bukan merupakan elemen himpunan bagian dari A .

b) Karena setiap unsur C merupakan unsur D, lalu unsur 2 dan 4 merupakan unsur D, tetapi bukan merupakan unsur C, sehingga C D adalah benar atau  di baca  C merupakan himpunan bagian D.
c) F
G jika dan hanya jika G F = {4,2}, namun anggota himpunan F = {5,3,1} merupakan

bagian dari himpunan G = {1,3,5} maka  G F = {1,3,5} adalah benar.

3. Himpunan sama

Definisi : Himpunan A dikatakan sama dengan himpunan B jika dan hanya jika keduanya mempunyai elemen yang sama. Dengan kata lain, A sama dengan B jika A adalah himpunan bagian dari B dan B adalah himpunan bagian dari A. Jika tidak demikian, maka kita katakan A tidak sama dengan B.

 Notasi : A = B  <==>  A B dan B
Tiga hal yang perlu di catat dalam memeriksa kesamaan dua buah himpunan :
 1.Urutan elemen di dalam himpunan tidak penting.
Jadi, {1,2,3} = {3,2,1 = {1,,3,2}
 
2.Pengulangan elemen tidak mempengaruhi kesamaan dua buah himpunan.
Jadi, {1,1,1,1} = {1,1} = {1}
 
3.Untuk tiga buah himpunan, A,B dan C berlaku aksioma berikut:
(a) A = A, B = B dan C = C
(b) Jika A = B, maka B = A
(c) Jika A = B dan B = C, maka A = C

Soal. a) Jika A = {3,5,8,5} dan B = {5,3,8}, Apakah himpunan berikut termasuk himpunan sama?

Soal. b) Jika A = {3,5,8,5} dan B = {3,8}, Apakah himpunan berikut termasuk himpunan sama?

Soal. c) Jika A = {a,a,a,b,c,d} dan B = {c,a,a,c} Apa himpunan berikut termasuk himpunan sama?

Penyelesaian:

a) A = B  = {3,5,8}, jadi himpunan di atas adalah himpunan sama

b) A  ≠ B , karena A = {5} bukan merupakan himpunan bagian dari  B
c) A ≠ B  <==>  A B | B A, karena A = {b,d} bukan merupakan himpunan bagian dari B

Sementara segitu dulu ^^ ntar di sambung lagi utk himpunan yg lainnya en operasi-operasinye!

Iklan
Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

MATEMATIKA ITU MUDAH

  • MATEMATIKA ITU MUDAH

    Kenapa???? kalau kita bisa mengatakan mudah,pasti kalau kita bisa,tapi kalau kita sudah merasa susah dulu pasti akan beranggapan matematika itu monster.
    sekarang bagaimana supaya kita bisa mengatakan matematika itu mudah????
    terutama buat anak-anak sekolah, lihat tips berikut:

    1. sukai gurunya
    2. kerjakan setiap tugas dari guru, jangan menunda-nunda karena dengan menunda, maka anda menjadi orang yang menyimpan kebodohan
    3. kalau gurunya menyebalkan, sehingga anda gak bisa suka maka belajarlah sendiri dengan cara no.3
    4. cari modul materi
    5. jangan menghafal rumus, tapi gunakan rumus itu
    6. kalau rumus sering digunakan maka lama kelamaan kita akan bisa menyelesaikan soal dengan berbagai fariasi dan rumus-rumus itu akan akan hafal dengan sendirinya

Selanjutnya,………………….
Buat bapak ibi guru, kita berbagi pengalaman tentang pengajaran matematika yuuuk,.
Guru matematika biasanya menjadi guru yang paling tidak disukai, namun walau bagaimanapun sebagai guru kita harus mau menerima resiko dari pekerjaan kita. Terkadang kita mengeluh dengan keadaan anak-anak yang takut dengan matematika, di kelas tidak mau memperhatikan, apalagi kalau kita ngajar di sekolah yang tidak mentereng (sekolah yang biasa saja/tidak faforit) pasti anak-anaknya juga tingkat kecerdasannya kurang. Dengan keluhan-keluhan tersebut kadang sebagai guru jadi stres sendiri mengadapi muridnya.
Agar guru tidak dibuat sres oleh anak-anak dan menjadi guru yang disukai murid, maka mari kita berusaha dengan menggunakan pengajaran yang bervariasi, dengan kata lain jangan gunakan metode konfensional terus menerus, karena dengan metode itu siswa akan merasa bosan. Jadi kita coba dengan menerangkan sambil anak-anak aktif menemukan rumus sendiri dengan kita sebagai pendamping saja. apabila sekolah sudah punya LCD atau OHP gunakan media pembelajaran yang bisa membuat anak-anak tertarik. Perbanyak latihan soal kepada siswa setiap kompetensi dasar, adakan evaluasi setiap kompetensi dasar terlebih dahulu sebelum avaluasi satu bab.

Dari tips di atas, baik untuk murid dan guru, semoga kita bisa menjadi pendidik dan peserta didik yang mempunyai simbiosis mutualisme kerena sesungguhnya di dunia ini tidak ada orang bodoh kalau semua orang mau berusaha dan mencoba.

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

MATEMATIKA ITU MUDAH

  • MATEMATIKA ITU MUDAH

    Kenapa???? kalau kita bisa mengatakan mudah,pasti kalau kita bisa,tapi kalau kita sudah merasa susah dulu pasti akan beranggapan matematika itu monster.
    sekarang bagaimana supaya kita bisa mengatakan matematika itu mudah????
    terutama buat anak-anak sekolah, lihat tips berikut:

    1. sukai gurunya
    2. kerjakan setiap tugas dari guru, jangan menunda-nunda karena dengan menunda, maka anda menjadi orang yang menyimpan kebodohan
    3. kalau gurunya menyebalkan, sehingga anda gak bisa suka maka belajarlah sendiri dengan cara no.3
    4. cari modul materi
    5. jangan menghafal rumus, tapi gunakan rumus itu
    6. kalau rumus sering digunakan maka lama kelamaan kita akan bisa menyelesaikan soal dengan berbagai fariasi dan rumus-rumus itu akan akan hafal dengan sendirinya

Selanjutnya,………………….
Buat bapak ibi guru, kita berbagi pengalaman tentang pengajaran matematika yuuuk,.
Guru matematika biasanya menjadi guru yang paling tidak disukai, namun walau bagaimanapun sebagai guru kita harus mau menerima resiko dari pekerjaan kita. Terkadang kita mengeluh dengan keadaan anak-anak yang takut dengan matematika, di kelas tidak mau memperhatikan, apalagi kalau kita ngajar di sekolah yang tidak mentereng (sekolah yang biasa saja/tidak faforit) pasti anak-anaknya juga tingkat kecerdasannya kurang. Dengan keluhan-keluhan tersebut kadang sebagai guru jadi stres sendiri mengadapi muridnya.
Agar guru tidak dibuat sres oleh anak-anak dan menjadi guru yang disukai murid, maka mari kita berusaha dengan menggunakan pengajaran yang bervariasi, dengan kata lain jangan gunakan metode konfensional terus menerus, karena dengan metode itu siswa akan merasa bosan. Jadi kita coba dengan menerangkan sambil anak-anak aktif menemukan rumus sendiri dengan kita sebagai pendamping saja. apabila sekolah sudah punya LCD atau OHP gunakan media pembelajaran yang bisa membuat anak-anak tertarik. Perbanyak latihan soal kepada siswa setiap kompetensi dasar, adakan evaluasi setiap kompetensi dasar terlebih dahulu sebelum avaluasi satu bab.

Dari tips di atas, baik untuk murid dan guru, semoga kita bisa menjadi pendidik dan peserta didik yang mempunyai simbiosis mutualisme kerena sesungguhnya di dunia ini tidak ada orang bodoh kalau semua orang mau berusaha dan mencoba.

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

MATEMATIKA ITU MUDAH

  • MATEMATIKA ITU MUDAH

    Kenapa???? kalau kita bisa mengatakan mudah,pasti kalau kita bisa,tapi kalau kita sudah merasa susah dulu pasti akan beranggapan matematika itu monster.
    sekarang bagaimana supaya kita bisa mengatakan matematika itu mudah????
    terutama buat anak-anak sekolah, lihat tips berikut:

    1. sukai gurunya
    2. kerjakan setiap tugas dari guru, jangan menunda-nunda karena dengan menunda, maka anda menjadi orang yang menyimpan kebodohan
    3. kalau gurunya menyebalkan, sehingga anda gak bisa suka maka belajarlah sendiri dengan cara no.3
    4. cari modul materi
    5. jangan menghafal rumus, tapi gunakan rumus itu
    6. kalau rumus sering digunakan maka lama kelamaan kita akan bisa menyelesaikan soal dengan berbagai fariasi dan rumus-rumus itu akan akan hafal dengan sendirinya

Selanjutnya,………………….
Buat bapak ibi guru, kita berbagi pengalaman tentang pengajaran matematika yuuuk,.
Guru matematika biasanya menjadi guru yang paling tidak disukai, namun walau bagaimanapun sebagai guru kita harus mau menerima resiko dari pekerjaan kita. Terkadang kita mengeluh dengan keadaan anak-anak yang takut dengan matematika, di kelas tidak mau memperhatikan, apalagi kalau kita ngajar di sekolah yang tidak mentereng (sekolah yang biasa saja/tidak faforit) pasti anak-anaknya juga tingkat kecerdasannya kurang. Dengan keluhan-keluhan tersebut kadang sebagai guru jadi stres sendiri mengadapi muridnya.
Agar guru tidak dibuat sres oleh anak-anak dan menjadi guru yang disukai murid, maka mari kita berusaha dengan menggunakan pengajaran yang bervariasi, dengan kata lain jangan gunakan metode konfensional terus menerus, karena dengan metode itu siswa akan merasa bosan. Jadi kita coba dengan menerangkan sambil anak-anak aktif menemukan rumus sendiri dengan kita sebagai pendamping saja. apabila sekolah sudah punya LCD atau OHP gunakan media pembelajaran yang bisa membuat anak-anak tertarik. Perbanyak latihan soal kepada siswa setiap kompetensi dasar, adakan evaluasi setiap kompetensi dasar terlebih dahulu sebelum avaluasi satu bab.

Dari tips di atas, baik untuk murid dan guru, semoga kita bisa menjadi pendidik dan peserta didik yang mempunyai simbiosis mutualisme kerena sesungguhnya di dunia ini tidak ada orang bodoh kalau semua orang mau berusaha dan mencoba.

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

MATEMATIKA ITU MUDAH

  • MATEMATIKA ITU MUDAH

    Kenapa???? kalau kita bisa mengatakan mudah,pasti kalau kita bisa,tapi kalau kita sudah merasa susah dulu pasti akan beranggapan matematika itu monster.
    sekarang bagaimana supaya kita bisa mengatakan matematika itu mudah????
    terutama buat anak-anak sekolah, lihat tips berikut:

  1. sukai gurunya
  2. kerjakan setiap tugas dari guru, jangan menunda-nunda karena dengan menunda, maka anda menjadi orang yang menyimpan kebodohan
  3. kalau gurunya menyebalkan, sehingga anda gak bisa suka maka belajarlah sendiri dengan cara no.3
  4. cari modul materi
  5. jangan menghafal rumus, tapi gunakan rumus itu
  6. kalau rumus sering digunakan maka lama kelamaan kita akan bisa menyelesaikan soal dengan berbagai fariasi dan rumus-rumus itu akan akan hafal dengan sendirinya

Selanjutnya,………………….
Buat bapak ibi guru, kita berbagi pengalaman tentang pengajaran matematika yuuuk,.
Guru matematika biasanya menjadi guru yang paling tidak disukai, namun walau bagaimanapun sebagai guru kita harus mau menerima resiko dari pekerjaan kita. Terkadang kita mengeluh dengan keadaan anak-anak yang takut dengan matematika, di kelas tidak mau memperhatikan, apalagi kalau kita ngajar di sekolah yang tidak mentereng (sekolah yang biasa saja/tidak faforit) pasti anak-anaknya juga tingkat kecerdasannya kurang. Dengan keluhan-keluhan tersebut kadang sebagai guru jadi stres sendiri mengadapi muridnya.

Agar guru tidak dibuat sres oleh anak-anak dan menjadi guru yang disukai murid, maka mari kita berusaha dengan menggunakan pengajaran yang bervariasi, dengan kata lain jangan gunakan metode konfensional terus menerus, karena dengan metode itu siswa akan merasa bosan. Jadi kita coba dengan menerangkan sambil anak-anak aktif menemukan rumus sendiri dengan kita sebagai pendamping saja. apabila sekolah sudah punya LCD atau OHP gunakan media pembelajaran yang bisa membuat anak-anak tertarik. Perbanyak latihan soal kepada siswa setiap kompetensi dasar, adakan evaluasi setiap kompetensi dasar terlebih dahulu sebelum avaluasi satu bab.

Dari tips di atas, baik untuk murid dan guru, semoga kita bisa menjadi pendidik dan peserta didik yang mempunyai simbiosis mutualisme kerena sesungguhnya di dunia ini tidak ada orang bodoh kalau semua orang mau berusaha dan mencoba.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/mathematics/2190088-matematika-itu-mudah/#ixzz1rXZg3pVu

 

 

 

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

MATEMATIKA ITU MUDAH

  • MATEMATIKA ITU MUDAH

    Kenapa???? kalau kita bisa mengatakan mudah,pasti kalau kita bisa,tapi kalau kita sudah merasa susah dulu pasti akan beranggapan matematika itu monster.
    sekarang bagaimana supaya kita bisa mengatakan matematika itu mudah????
    terutama buat anak-anak sekolah, lihat tips berikut:

  1. sukai gurunya
  2. kerjakan setiap tugas dari guru, jangan menunda-nunda karena dengan menunda, maka anda menjadi orang yang menyimpan kebodohan
  3. kalau gurunya menyebalkan, sehingga anda gak bisa suka maka belajarlah sendiri dengan cara no.3
  4. cari modul materi
  5. jangan menghafal rumus, tapi gunakan rumus itu
  6. kalau rumus sering digunakan maka lama kelamaan kita akan bisa menyelesaikan soal dengan berbagai fariasi dan rumus-rumus itu akan akan hafal dengan sendirinya

Selanjutnya,………………….
Buat bapak ibi guru, kita berbagi pengalaman tentang pengajaran matematika yuuuk,.
Guru matematika biasanya menjadi guru yang paling tidak disukai, namun walau bagaimanapun sebagai guru kita harus mau menerima resiko dari pekerjaan kita. Terkadang kita mengeluh dengan keadaan anak-anak yang takut dengan matematika, di kelas tidak mau memperhatikan, apalagi kalau kita ngajar di sekolah yang tidak mentereng (sekolah yang biasa saja/tidak faforit) pasti anak-anaknya juga tingkat kecerdasannya kurang. Dengan keluhan-keluhan tersebut kadang sebagai guru jadi stres sendiri mengadapi muridnya.

Agar guru tidak dibuat sres oleh anak-anak dan menjadi guru yang disukai murid, maka mari kita berusaha dengan menggunakan pengajaran yang bervariasi, dengan kata lain jangan gunakan metode konfensional terus menerus, karena dengan metode itu siswa akan merasa bosan. Jadi kita coba dengan menerangkan sambil anak-anak aktif menemukan rumus sendiri dengan kita sebagai pendamping saja. apabila sekolah sudah punya LCD atau OHP gunakan media pembelajaran yang bisa membuat anak-anak tertarik. Perbanyak latihan soal kepada siswa setiap kompetensi dasar, adakan evaluasi setiap kompetensi dasar terlebih dahulu sebelum avaluasi satu bab.

Dari tips di atas, baik untuk murid dan guru, semoga kita bisa menjadi pendidik dan peserta didik yang mempunyai simbiosis mutualisme kerena sesungguhnya di dunia ini tidak ada orang bodoh kalau semua orang mau berusaha dan mencoba.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/mathematics/2190088-matematika-itu-mudah/#ixzz1rXZg3pVu

 

Belajar Matematika lebih mudah dengan Microsoft Mathematics

 

Jika anda merupakan seorang siswa, pelajar atau Mahasiswa atau orang yang ingin belajar matematika dengan mudah, kini ada salah satu program gratis yang bisa mendukung dan membantu, Microsoft Mathematics. Software ini dikembangkan dengan menyediakan berbagai tools matematika untuk membantu mahasiswa/pelajar mengerjakan tugasnya dengan cepat dan mudah.

Dengan Microsoft Mathematics, kita dapat belajar untuk memecahkan berbagai persamaan langkah demi langkah, selain juga memahami kosep dasar aljabar, trigonometri, fisika, kimia dan juga kalkulus. Software ini sebenarnya semacam kalkulator, seperti halnya RedCrab dengan berbagai fitur termasuk fitur grafik yang di design seperti kalkulator tangan.

 

Berbagai fitur tambahan juga tersedia, seperti pemecah masalah segitiga, konversi dari unit satu ke unit yang lainnya, juga pemecah (pencari solusi) dari sebuah persamaan. Dengan Kalkulator ini juga lebih mudah untuk membuat grafik 2D (2 Dimensi) maupun 3D.

Microsoft technet baru saja meniris versi baru program ini, yaitu Microsoft Mathematics 4.0. Software ini gratis kita download, dengan ukuran 17.6 MB untuk windows 32bit serta 18.9 MB untuk windows 64 bit. Informasi selengkapnya tentang sistem yang didukung serta yang diperlukan sebagai berikut :

Sistem Operasi yang didukung :

  • Windows 7
  • Windows Vista with Service Pack 2 (SP2)
  • Windows XP (32-bit) with Service Pack 3 (SP3)
  • Windows Server 2008 R2 (64-bit)
  • Windows Server 2008 with Service Pack 2 (SP2)
  • Windows Server 2003 (32-bit) with Service Pack 2 (SP2)

Selain itu, untuk menjalankan program ini, di komputer harus ada (ter-install) Microsoft .NET Framework 3.5 SP1 (belum tahu apa itu Microsoft .NET? silahkan membaca tulisan saya sebelumnya tentang Microsoft .NET Framework ). Minimal CPU/Processor 500 MHz, RAM/Memory minimal 256 MB, VGA card (Video) 64 MB, serta tampilan layar minimal 800×600.

 

Jika komputer kita memenuhi syarat diatas, jika ingin mencoba silahkan langsung download dari halaman download Microsoft Mathematics http://bit.ly/MS

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

MATEMATIKA ITU …

  • MATEMATIKA ITU MUDAH

    Kenapa???? kalau kita bisa mengatakan mudah,pasti kalau kita bisa,tapi kalau kita sudah merasa susah dulu pasti akan beranggapan matematika itu monster.
    sekarang bagaimana supaya kita bisa mengatakan matematika itu mudah????
    terutama buat anak-anak sekolah, lihat tips berikut:

  1. sukai gurunya
  2. kerjakan setiap tugas dari guru, jangan menunda-nunda karena dengan menunda, maka anda menjadi orang yang menyimpan kebodohan
  3. kalau gurunya menyebalkan, sehingga anda gak bisa suka maka belajarlah sendiri dengan cara no.3
  4. cari modul materi
  5. jangan menghafal rumus, tapi gunakan rumus itu
  6. kalau rumus sering digunakan maka lama kelamaan kita akan bisa menyelesaikan soal dengan berbagai fariasi dan rumus-rumus itu akan akan hafal dengan sendirinya

Selanjutnya,………………….
Buat bapak ibi guru, kita berbagi pengalaman tentang pengajaran matematika yuuuk,.
Guru matematika biasanya menjadi guru yang paling tidak disukai, namun walau bagaimanapun sebagai guru kita harus mau menerima resiko dari pekerjaan kita. Terkadang kita mengeluh dengan keadaan anak-anak yang takut dengan matematika, di kelas tidak mau memperhatikan, apalagi kalau kita ngajar di sekolah yang tidak mentereng (sekolah yang biasa saja/tidak faforit) pasti anak-anaknya juga tingkat kecerdasannya kurang. Dengan keluhan-keluhan tersebut kadang sebagai guru jadi stres sendiri mengadapi muridnya.

Agar guru tidak dibuat sres oleh anak-anak dan menjadi guru yang disukai murid, maka mari kita berusaha dengan menggunakan pengajaran yang bervariasi, dengan kata lain jangan gunakan metode konfensional terus menerus, karena dengan metode itu siswa akan merasa bosan. Jadi kita coba dengan menerangkan sambil anak-anak aktif menemukan rumus sendiri dengan kita sebagai pendamping saja. apabila sekolah sudah punya LCD atau OHP gunakan media pembelajaran yang bisa membuat anak-anak tertarik. Perbanyak latihan soal kepada siswa setiap kompetensi dasar, adakan evaluasi setiap kompetensi dasar terlebih dahulu sebelum avaluasi satu bab.

Dari tips di atas, baik untuk murid dan guru, semoga kita bisa menjadi pendidik dan peserta didik yang mempunyai simbiosis mutualisme kerena sesungguhnya di dunia ini tidak ada orang bodoh kalau semua orang mau berusaha dan mencoba.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/mathematics/2190088-matematika-itu-mudah/#ixzz1rXZg3pVu

 

Belajar Matematika lebih mudah dengan Microsoft Mathematics

 

Jika anda merupakan seorang siswa, pelajar atau Mahasiswa atau orang yang ingin belajar matematika dengan mudah, kini ada salah satu program gratis yang bisa mendukung dan membantu, Microsoft Mathematics. Software ini dikembangkan dengan menyediakan berbagai tools matematika untuk membantu mahasiswa/pelajar mengerjakan tugasnya dengan cepat dan mudah.

Dengan Microsoft Mathematics, kita dapat belajar untuk memecahkan berbagai persamaan langkah demi langkah, selain juga memahami kosep dasar aljabar, trigonometri, fisika, kimia dan juga kalkulus. Software ini sebenarnya semacam kalkulator, seperti halnya RedCrab dengan berbagai fitur termasuk fitur grafik yang di design seperti kalkulator tangan.

 

Berbagai fitur tambahan juga tersedia, seperti pemecah masalah segitiga, konversi dari unit satu ke unit yang lainnya, juga pemecah (pencari solusi) dari sebuah persamaan. Dengan Kalkulator ini juga lebih mudah untuk membuat grafik 2D (2 Dimensi) maupun 3D.

Microsoft technet baru saja meniris versi baru program ini, yaitu Microsoft Mathematics 4.0. Software ini gratis kita download, dengan ukuran 17.6 MB untuk windows 32bit serta 18.9 MB untuk windows 64 bit. Informasi selengkapnya tentang sistem yang didukung serta yang diperlukan sebagai berikut :

Sistem Operasi yang didukung :

  • Windows 7
  • Windows Vista with Service Pack 2 (SP2)
  • Windows XP (32-bit) with Service Pack 3 (SP3)
  • Windows Server 2008 R2 (64-bit)
  • Windows Server 2008 with Service Pack 2 (SP2)
  • Windows Server 2003 (32-bit) with Service Pack 2 (SP2)

Selain itu, untuk menjalankan program ini, di komputer harus ada (ter-install) Microsoft .NET Framework 3.5 SP1 (belum tahu apa itu Microsoft .NET? silahkan membaca tulisan saya sebelumnya tentang Microsoft .NET Framework ). Minimal CPU/Processor 500 MHz, RAM/Memory minimal 256 MB, VGA card (Video) 64 MB, serta tampilan layar minimal 800×600.

 

Jika komputer kita memenuhi syarat diatas, jika ingin mencoba silahkan langsung download dari halaman download Microsoft Mathematics http://bit.ly/MS

Sampingan | Posted on by | Meninggalkan komentar